PUNYA TUBUH IDEAL TANPA ADANYA EATING DISORDER

Eating Disorder atau gangguan makan adalah kondisi pada seseorang terkait dengan perilaku makan yang tidak normal sehingga dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan, emosi, dan kemampuan untuk bekerja dalam kehidupan sehari-hari.

by Google

Eating disorder atau gangguan makan adalah kondisi pada seseorang terkait dengan perilaku makan yang tidak normal sehingga dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan, emosi, dan kemampuan untuk bekerja dalam kehidupan sehari-hari. Penderita gangguan makan bisa mengonsumsi terlalu sedikit atau terlalu banyak makanan, dan biasanya terobsesi pada berat badan atau bentuk tubuhnya. 

Kondisi ini juga termasuk ke dalam kategori penyakit mental loh sehingga mampu mempengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk mendapatkan nutrisi yang sesuai. Akibatnya yaitu dapat membahayakan jantung, sistem pencernaan, tulang, gigi dan mulut, serta memicu penyakit lainnya. Gangguan makan ini dapat terjadi di semua usia tetapi lebih sering dialami oleh remaja usia 13-17 tahun dan orang dewasa.

Ada beberapa jenis eating disorder, tetapi 3 jenis yang paling sering terjadi yaitu anoreksia nervosa, bulimia nervosa, and binge eating disorder.

  1. Anoreksia nervosa

Anoreksia nervosa adalah gangguan makan yang ditandai dengan badan yang terlalu kurus dan takut dengan naiknya berat badan. Orang yang mengalami gangguan makan anoreksia umumnya menganggap diri mereka kelebihan berat badan meskipun sebenarnya mereka sangat kurus. Mereka cenderung terus memantau berat badan mereka, menghindari makan jenis makanan tertentu, dan sangat membatasi asupan kalori mereka. Anoreksia umumnya dialami oleh para remaja atau dewasa muda dan cenderung lebih banyak dialami oleh para wanita.

Gangguan makan anoreksia dapat merusak tubuh karena seiring berjalannya waktu, individu yang mengalami anoreksia dapat mengalami penipisan tulang, ketidaksuburan, dan rambut serta kuku yang rapuh. Dalam kasus yang lebih parah, anoreksia dapat menyebabkan gagal jantung, multiple organ dysfunction syndrome (MODS), dan kematian. Selain itu, penderita juga bisa mengalami depresi dan sangat putus asa hingga melakukan percobaan bunuh diri.

  1. Bulimia nervosa

Bulimia nervosa adalah gangguan makan yang membuat penderitanya makan dalam jumlah banyak dan dalam waktu singkat tetapi diikuti dengan usaha untuk menghilangkan makanan yang telah masuk tersebut. Cara menghilangkannya yaitu dengan memuntahkan makanan secara terpaksa, minum obat pencahar (obat penekan nafsu makan), atau olahraga secara berlebihan. Hal ini karena mereka merasa bersalah, malu, dan takut akan kenaikan berat badannya karena sudah makan secara berlebihan. Orang dengan kondisi ini juga akan merasakan stres karena terus memikirkan badan dan bentuk tubuh.

Bulimia cenderung berkembang selama masa remaja dan dewasa awal dan lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria. Gejala dari bulimia tampak sangat mirip dengan subtipe anoreksia nervosa tetapi individu dengan bulimia biasanya lebih memilih untuk mempertahankan berat badannya daripada kehilangan banyak berat badan. Pada kasus yang parah, bulimia juga dapat membuat ketidakseimbangan kadar elektrolit, seperti natrium, kalium, dan kalsium. Hal ini dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung.

  1. Binge eating disorder atau gangguan makan berlebihan

Binge eating disorder adalah gangguan makan yang sulit sekali mengendalikan perilaku untuk terus makan sehingga dapat menyebabkan penderitanya makan secara berlebihan. Penderitaannya akan makan dengan cepat atau makan lebih banyak dari yang diinginkan bahkan saat tidak lapar sekalipun. Penderita dapat memakan semua jenis makanan tetapi seringkali terjadi pada makanan yang dihindari oleh penderita.

Setelah makan berlebihan, orang dengan kondisi ini akan merasa bersalah dan malu atas perilakunya tersebut. Akan tetapi, hal tersebut tidak membuat penderitanya berusaha keras untuk menurunkan berat badan sehingga penderita akan memiliki berat badan berlebihan atau obesitas. Binge eating disorder umumnya terjadi di kalangan remaja yaitu selama masa remaja dan dewasa awal tetapi terlihat perkembangannya di kemudian hari.

Orang-orang dapat terhindar dari serangan gangguan makan jika menerapkan pola makan yang sehat. Nah, berikut ini merupakan beberapa upaya yang dapat dilakukan, antara lain:

  1. Menerapkan pola pikir yang sehat dan seimbang terhadap makan, berat badan, dan bentuk tubuh
  2. Menghilangkan pemikiran bahwa berat badan dan bentuk tubuh menentukan kesuksesan dan kebahagiaan
  3. Menanamkan pemahaman bahwa diet ketat bisa menyebabkan gangguan, baik fisik maupun mental
  4. Mengkonsumsi makanan seimbang
  5. Melakukan olahraga secara rutin
What's your reaction?
2cool0bad0lol0sad

Add Your Comment


OBTAI RADIO, OBROLAN SANTAI MENGINSPIRASI..!!!

OBTAI RADIO RADIONYA KAMPUS TERCINTA..

MENGUDARA MENEMANI MAHASISWA DENGAN OBROLAN-OBROLAN YANG SANTAI TAPI MENGINSPIRASI…

© 2024. All rights reserved.

© 2024. All rights reserved.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE