HAI HAI LOVERS!!

Gimana kabar hari ini? Semoga selalu baik ya✨

      Ada trend terbaru apa nih yang ada di sosial media? Lovers tipe yang mengikuti trend terkini atau tipe yang merasa bodoamat sama trend kekinian yang ada di sosial media (yang terjadi di lingkungan sekitar). Nah kalau Lovers tipenya yang harus selalu mengikuti trend terkini dan merasa gelisah disaat “ketinggalan” trend yang ada bisa jadi itu adalah FOMO.

      FOMO sendiri adalah singkatan dari  Fear Of Missing Out yang artinya rasa takut merasa “tertinggal” karena tidak mengikuti aktivitas tertentu. Sebuah perasaan cemas dan takut yang timbul di dalam diri akibat ketinggalan sesuatu yang baru, seperti berita, tren, dan hal lainnya. Rasa takut ketinggalan ini mengacu pada perasaan atau persepsi bahwa orang lain bersenang-senang, menjalani kehidupan yang lebih baik, atau mengalami hal-hal yang lebih baik.

Penyebab FOMO sendiri adalah penggunaan sosial media loh!!  Seiring berkembangnya zaman, teknologi juga semakin canggih bahkan dapat memudahkan untuk menerima jutaan informasi yang ada di sekitar atau bahkan dari negara luar sekalipun. Contohnya, saat ini banyak informasi yang dapat diterima melalui sosial media seperti Instagram, tiktok, Twitter dan aplikasi lainnya yang banyak digemari pengguna di seluruh dunia.  Dari sinilah, sebagai viewer, dapat memicu munculnya perasaan cemas lalu membandingkan kehidupan dengan orang lain yang terlihat lebih menyenangkan atau bahagia.

      FOMO memiliki tingkat kepuasan hidup yang lebih rendah karena terus membandingkan hidupnya dengan orang lain. Kemudian timbul pertanyaan bagaimanakah mengenali gejala perasaan FOMO?

  1. Tidak bisa jauh dari gadget, bahkan dalam waktu yang singkat. Seseorang yang mengalami perasaan FOMO akan merasa gelisah bahkan yang dicari ketika bangun dari tidur adalah gadget.
  2. Lebih peduli dengan sosial media daripada kehidupan nyata yang berakibat ingin menjadi “superstar” di sosial media.
  3.  Selalu ingin tau tentang kehidupan orang lain dan gosip terbaru yang sedang hangat dibicarakan di sosial media.
  4. Menghambur-hamburkan uang karena membeli barang yang sedang trend di sosial media yang sebenarnya tidak begitu penting dengan dalih agar tidak ketinggalan zaman.
  5. Selalu mengiyakan apapun disaat tidak ingin hanya untuk memenuhi rasa tidak ingin ketinggalan zaman.

       Jika perasaan FOMO terus dibiarkan, akan memicu munculnya hal negatif seperti kelelahan, stress, depresi, bahkan insomnia. Perasaan ini karena selalu merasa tidak puas akan hidup yang dijalani. Selain itu, dapat memicu munculnya masalah finansial yang tertera pada poin ke 4. Meskipun demikian, perasaan FOMO ini dapat dikurangi loh Lovers!! Ini dia tips untuk mengurangi perasaan FOMO yang terjadi dalam diri Lovers :

  1. Fokus pada diri sendiri
  2. Membatasi penggunaan media sosial dan gadget
  3. Mencari koneksi nyata
  4. Hargai diri sendiri

      Semoga tips diatas bisa mengurangi perasaan FOMO yang ada dalam diri Lovers atau orang terdekat Lovers ya✨

What's your reaction?
2cool0bad0lol0sad

Add Your Comment


OBTAI RADIO, OBROLAN SANTAI MENGINSPIRASI..!!!

OBTAI RADIO RADIONYA KAMPUS TERCINTA..

MENGUDARA MENEMANI MAHASISWA DENGAN OBROLAN-OBROLAN YANG SANTAI TAPI MENGINSPIRASI…

© 2024. All rights reserved.

© 2024. All rights reserved.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE